Home Trending Search Menu

Website: Fungsi dan Manfaat Pentingnya Bagi Bisnis dan Usaha Anda

Dari dulu, kami selalu menganggap Website sebagai rumah atau showroom online bagi bisnis. Tidak seperti social media yang memiliki banyak limitasi dan lebih bersifat jangka pendek, dalam website, kita bisa dengan bebas memberikan informasi lengkap dan terperinci tentang bisnis kita di internet.

Informasi-informasi seperti produk dan jasa yang kita tawarkan, profil tim, galeri foto tentang produk/jasa, hingga sejarah tentang bisnis yang sedang kita jalani, semuanya bisa kita masukkan ke dalam website kita selama itu memang relevan dan bermanfaat bagi para stakeholder bisnis kita.

Website juga bisa dikatakan tidak lekang oleh waktu. Tidak seperti social media yang memiliki batasan waktu dan trennya sering naik dan turun, website akan terus ada, tanpa ada batasan waktu dan tidak tergantung pada tren, selama kita terus merawat website tersebut.

Di era yang serba digital ini, memiliki website sudah menjadi hal yang sangat diperlukan untuk menunjang kinerja bisnis kita. Tidak sekedar untuk memberikan visibilitas produk dan merek secara online, tapi juga sebagai media informasi dan sarana untuk meningkatkan penjualan. Dalam artikel ini, kami akan mencoba menjelaskan fungsi-fungsi website dan manfaat-manfaat yang bisa diberikannya pada bisnis yang sedang kita jalani, apapun jenis industrinya.

Fungsi Utama dari Website untuk Bisnis

Website memiliki peran yang sangat penting di era digital seperti sekarang ini. Dengan segala fleksibilitas dan kemampuannya, website sudah menjadi menjadi sebuah kebutuhan utama bagi bisnis dan usaha yang ingin terus tumbuh dan berkembang.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari memiliki website untuk bisnis dan usaha:

  • Mempresentasikan Bisnis atau Usaha Secara Online
    Ini adalah fungsi dasar dari website: Online Presence. Website dapat berfungsi sebagai media untuk memperkenalkan bisnis dan usaha kita kepada para stakeholder: pelanggan, calon pelanggan, partner, calon partner, investor, calon investor, dan bahkan supplier.
    Karena perannya sebagai rumah atau showroom online bagi bisnis, dengan memiliki website, kita dapat memberikan informasi apa saja tentang bisnis kita yang sekiranya dibutuhkan para stakeholder tersebut.
    Informasi tersebut bisa mencakup tentang produk atau jasa yang ditawarkan, visi dan misi bisnis, dan bahkan sejarah singkat bisnis atau usaha kita.
  • Meningkatkan Kredibilitas Bisnis atau Usaha
    Salah satu alasan utama untuk memiliki website bisnis adalah untuk meningkatkan kredibilitas bisnis atau usaha yang sedang kita jalani.
    Dalam bisnis, kredibilitas sangatlah penting karena ia memiliki pengaruh yang cukup besar pada buying decision, terutama untuk pelanggan yang belum mengenal merek, produk, ataupun jasa kita dengan baik. Dalam beberapa industri, orang bahkan mungkin akan mempertanyakan legitimasi dan kredibilitas bisnis kita bila mereka tidak dapat menemukan website kita di internet.
    Memiliki website dengan tampilan yang profesional dan sesuai dengan brand character produk atau jasa kita dapat meningkatkan kredibilitas bisnis kita ke tingkat yang lebih tinggi.
  • Memperluas Jangkauan Bisnis
    Website dapat membuat jangkauan bisnis atau usaha kita menjadi lebih luas karena dapat diakses dari mana saja, oleh siapa saja, dan kapan saja. Ini dapat membantu kita dalam meningkatkan penjualan dengan menarik lebih banyak pelanggan dan membuka peluang-peluang baru yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan skala bisnis.
  • Mengumpulkan Data
    Memiliki website juga memungkinkan kita untuk dapat mengumpulkan data. Data-data seperti artikel yang sering dikunjungi, artikel yang menghasilkan penjualan, hingga menganalisa produk mana yang paling populer. Ini dapat membantu kita untuk mendapatkan insight penting tentang proses bisnis yang sudah dijalani dan wawasan untuk mengembangkan produk atau layanan baru untuk bisnis kita.

Manfaat Utama dari memiliki Website untuk Bisnis

Setelah membahas fungsi utama dari website untuk bisnis dan usaha yang sedang kita jalani, kini saatnya membahas manfaat utama yang bisa diperoleh bisnis dari memiliki website. Berikut adalah gambaran singkat deri manfaat memiliki website untuk bisnis:

  • Meningkatkan Penjualan Produk atau Jasa
    Dengan dapat dengan mudahnya bisnis kita dicari di internet, potensi penjualan produk atau jasa yang kita miliki tentu akan meningkat, apapun jenis websitenya.
    Terutama bila website kita tidak sekedar berupa company profile, tapi juga webcommerce yang memiiki fitur dan fasilitas penjualan produk atau jasa secara langsung. Dengan adanya fitur ini, baik konsumen maupun calon pelanggan dapat dengan mudah membeli produk atau jasa yang ditawarkan tanpa harus datang ke toko.
  • Media Informasi
    Karena website dapat kita isi dengan konten apa saja, kita bisa memberikan banyak informasi ke dalam website selama itu memang relevan bagi pelanggan dan juga investor. Informasi-informasi seperti info detail tentang produk, knowledge-base atau dokumentasi produk, hingga event update, dan bahkan laporan keuangan, bisa kita masukkan ke dalam website kita.
    Ini memudahkan para stakeholder seperti konsumen dan calon pelanggan untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
  • Sarana komunikasi
    Memiliki website, mempermudah stakeholder untuk berkomunikasi dengan kita. Kita hanya perlu untuk menyediakan form kontak, atau bahkan live chat, ke dalam website yang kita bangun, agar baik konsumen, atau siapapun yang memerlukan dapat dengan mudah menghubungi kita.

Faktor teknis yang diperlukan agar Website dapat memberikan dampak positif

Lalu, faktor-faktor teknis apa saja yang diperlukan agar website yang kita miliki dapat memberikan dampak positif pada bisnis dan usaha yang kita jalani?

  • Usability & User Friendliness
    Ini adalah poin yang paling utama. Sering, saat membuat website, kita terjebak dengan hal-hal yang kita anggap keren, namun sebenarnya tidak penting dan tidak diperlukan oleh pengunjung. Seringnya ini malah akan membuat pengunjung merasa kesusahan dalam mencari apa yang ia inginkan. Situasi bisa dengan mudah kita hindari dengan selalu menempatkan usability dan user friendliness pada prioritas utama setiap kita akan membuat desain maupun fungsi pada website.
    Desain website yang mudah untuk dinavigasi oleh pengunjung adalah salah satu poin penting untuk faktor ini.
  • SEO Friendliness
    Website harus SEO Friendly. Apa maksudnya? Website yang SEO friendly adalah website yang:
    1. memiliki struktur HTML yang ramping sehingga mudah dibaca oleh crawler mesin-mesin pencari,
    2. mengandung structured data dan schema markup di dalam HTML-nya,
    3. memiliki struktur halaman yang baik dan mudah dimengerti oleh mesin pencari,
    4. memiliki file robots.txt, sitemap dan tentunya index-able,
    5. menggunakan title tags, header tags, image alt tags, dan meta description tag dengan benar
    6. mengandung E-E-A-T—Experience, Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness (memiliki about page dan author page, memiliki backlinks dan eksternal links yang memiliki authority dan trustworthy, serta memiliki experience dan expertise pada konten-konten yang dibuat).
    Minimal, untuk dapat mengatakan bahwa website kita sudah SEO friendly, website kita harus memiliki 6 hal tersebut di atas.
  • Responsive Design
    Memiliki website dengan desain yang responsif sudah menjadi hal yang wajib di era sekarang ini. Terutama sejak google menerapkan mobile first indexing, sehingga memiliki website yang mobile-friendly dapat memberikan banyak benefit terhadap SEO website kita.
  • Lolos Uji Core Web Vitals dari Google
    Sejak pertengahan 2021, Google memperkenalkan Core Web Vitals; sebuah metriks yang berisi 3 parameter penting: LCP (Largest Contentful Paint), FID (First Input Delay), dan CLS (Cumulative Layout Shift), untuk memastikan setiap pengunjung mendapatkan user experience yang baik setiap kali melakukan kunjungan. Optimasi kecepatan load time website sudah menjadi hal yang wajib sejak Google memperkenalkan metriks ini.

Kesimpulan

Secara keseluruhan website, dengan segala fungsi dan manfaat yang mampu diberikannya, memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu kesuksesan bisnis di era digital saat ini. Tanpa memiliki website, kita mungkin akan kehilangan peluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan sekaligus mendapatkan wawasan penting tentang perilaku konsumen kita melalui analisis data. Yang terpenting, pastikan faktor-faktor teknis yang diperlukan di atas terpenuhi, agar website yang kita miliki dapat memiliki dampak positif yang maksimal. Lihat harga jasa pembuatan website dari ThinkDigital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *