Tips dan Cara Paling Aman Membeli Domain

by

Saat ini banyak registrar baru yang nyaris semuanya menawarkan harga murah dengan label ‘promo’. Don’t get lured. Periksa dulu reputasi dan kredibilitasnya.

Jangan Tergiur Harga Murah

Jangan pernah tergiur harga murah saat membeli domain. Resikonya bisa besar sekali.

Ilustrasinya begini: Bila pihak penyedia hosting mendadak hilang, kita masih bisa meminimalisir resiko dan menyelamatkan data dengan disiplin backup secara rutin, dan melakukan restore menggunakan data backup terakhir yang kita miliki. Namun, bila situasi yang sama terjadi di pihak tempat kita membeli domain, nyaris tidak ada satupun hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan domain yang kita miliki..

Tanpa harga promo, bila memang serius, harga normal dari tiap ekstensi domain yang populer sebenarnya cukup terjangkau kok. Jadi tidak perlu tergiur dengan harga murah dari program-program promo yang ada.

Aman Membeli Domain

Teliti sebelum membeli. Ada beberapa tips sederhana untuk memastikan bahwa kita membeli domain di tempat yang aman:

  1. Periksa status badan usahanya. Bila registrar sudah berbadan hukum yang sah, ini sudah memberikan banyak poin positif untuk bisa mulai mempercayai registrar tersebut.
  2. Cari tau rekam jejaknya. Poin positif yang dimiliki oleh registrar berbadan hukum tidak selalu berbanding lurus dengan kredibilitasnya. Pastikan tidak ada rekam jejak negatif dari registrar tersebut.
    Untuk registrar lokal, rekomendasi registrar domain yang memiliki rekam jejak yang jelas sebagian diantaranya adalah:
    • IDwebhost
    • Rumahweb
    • Natanetwork
    • IDcloudhost
    • HostinganID
    • Domainesia
    • Qwords
    • Rackh
    • Merekmu
    • dan semua nama yang terdaftar sebagai registrar PANDI
      All are worry free.

Menjadi Reseller Domain

Khusus bagi yang memang serius, memiliki rencana jangka panjang untuk website yang dimiliki, dan (mungkin) memliki lebih dari 1 website, ada 1 tips tambahan yang sebenarnya paling aman untuk membeli domain: Mendaftar sebagai reseller domain.

Mungkin banyak yang belum tau, untuk mendaftar sebagai reseller domain tidak harus memiliki badan usaha. Semua individu bisa mendaftar secara personal. Persyaratan dan proses penyetujuannya pun cukup mudah dan cepat.

Kelebihan utama dengan mendaftar sebagai reseller domain adalah kita jadi memiliki akses dan kuasa penuh untuk semua domain yang kita miliki.

Reseller Camp dari IDwebhost dan Digital Registra dari Rumahweb adalah 2 pemain besar yang bahkan adalah 2 verified registrar pertama PANDI. IDwebhost sendiri adalah registrar pertama di Indonesia yang terakreditasi ICANN.

Jangan khawatir dengan harga. Tier terendah dari masing-masing registrar di atas sangat terjangkau. Mulai dari Rp. 1.000.000,- untuk Reseller Camp, dan Rp. 2.000.000,- untuk Digital Registra.

Informasi dan Review Singkat Reseller Camp dan Digital Registra:

  • Reseller Camp
  • Reseller Camp kurang lebih memiliki 2 bagian:

    • ResellerCamp.ID
    • Minimum Deposit Rp. 1.000.000,-. Hanya ekstensi domain populer.

    • ResellerCamp.COM
    • Minimum Deposit Rp. 2.000.000,-. Hampir seluruh ekstensi domain tersedia.

    Untuk mendaftar menjadi reseller domain di Reseller Camp, kita hanya perlu mengisi form yang tersedia di website-nya.

  • Digital Registra
  • Minimum Deposit Rp. 2.000.000,-. Hampir seluruh ekstensi domain tersedia.

    Untuk mendaftar menjadi reseller domain di Digital Registra, kita perlu mengisi form yang tersedia di website-nya dan form fisik yang harus kita print dan kita kirimkan ke alamat kantor Digital Registra setelah kira isi dan tanda-tangani.

Baik Reseller Camp maupun Digital Registra, keduanya menggunakan Domain Management Software buatan sendiri. Secara umum, tampilan domain management software milik Reseller Camp terlihat lebih chic dan user friendly. Knowledge Base keduanya sama-sama lengkap, walau dari pengalaman ThinkDigital, sedikit lebih lengkap milik Digital Registra.

Penjelasan detail tentang menjadi Reseller Domain di Reseller Camp dan Digital Registra akan kami ulas khusus di artikel yang terpisah.

Menjadi Reseller Domain merupakan solusi terbaik bagi yang ingin membeli dan menyimpan domainnya secara aman. Terutama untuk yang memiliki lebih dari 1 website / domain.

Resume

Tips dan Cara Paling Aman Membeli Domain di Manapun

Jangan tergiur harga murah.
Periksa status badan usahanya.
Cari tau rekam jejaknya.
Pastikan terdaftar sebagai registrar PANDI dan/atau ICANN.
Khusus yang memiliki lebih dari 1 domain: Menjadi Reseller Domain.

Leave a Comment