WordPress

by

WordPress adalah CMS (Content Management System) yang sangat populer untuk membangun website. Tingkat popularitasnya hanya bisa ditandingi oleh Blogspot yang dibuat oleh google.

Karena sifatnya yang Open Source, fitur-fitur wordpress berkembang dengan sangat cepat. Dari yang awalnya hanya digunakan untuk blogging, kini WordPress bisa digunakan untuk membangun beragam jenis website seperti company profile, toko online, directory listing, e-learning, dan masih banyak lagi.

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress berawal dari keinginan Matt Mullenweg membuat publishing platform yang memiliki struktur yang baik dan dibangun di atas PHP dan MySQL, serta yang penting bersifat open source demi menjaga kontinuitasnya.

Matt, yang biasa menulis blog di b2/cafelog terkejut dengan dihentikannya pengoperasian publishing platform yang paling populer pada masanya tersebut. Ia memutuskan untuk membuat publishing platform sendiri.

Dan keinginan Matt disambut oleh Mike Little, salah satu developer dari b2/cafelog.

Dan keduanya kemudian memulai sejarah. Christine Tremoulet yang mencetuskan nama WordPress sebagai merek. Di sekitar bulan Mei tahun 2003, mereka resmi meluncurkan WordPress.org.

Keputusan membuat sistem tersebut bersifat open source dan berada di bawah naungan lisensi GPL (General Public License) mungkin adalah keputusan terbaik yang dilakukan oleh para pendiri WordPress.

Dengan lisensi ini, setiap pengguna WordPress memiliki:

  • Kebebasan untuk menjalankan program untuk tujuan apa pun.
  • Kebebasan untuk mempelajari cara kerja program, dan mengubahnya untuk melakukan apa yang kita inginkan.
  • Kebebasan untuk mendistribusikan kembali.
  • Kebebasan untuk memodifikasi, dan mempublikasikannya.

Hal ini lah yang membuat WordPress berkembang dengan sangat cepat dan menjadi publishing platform yang paling populer di dunia, saat ini. Tanpa itu, mungkin WordPress tidak bisa seperti sekarang.

Kelebihan WordPress

Karena sifatnya yang open source, banyak developer yang menggunakan dan mengutak-atik script untuk menambah fungsi pada WordPress sesuai kebutuhannya sendiri.

Sejak tahun 2004, WordPress versi 1.2 diluncurkan dengan memasukkan plugin architecture untuk mempermudah para developer menyematkan script-script tambahannya. Sejak ini, perkembangan WordPress makin masif. Ini memungkinkan pengguna untuk memperluas fungsionalitas WordPress dengan menulis plugin mereka sendiri, dan membaginya. Banyak developer yang kemudian membuat add-on berupa plugin untuk disematkan dan menambah fungsi pada WordPress.

Dari data yang ada di Wikipedia, per Januari 2020, WordPress.org memiliki total 55.487 plugin yang tersedia. Masing-masing menawarkan fungsi dan fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi website dengan kebutuhan spesifik mereka masing-masing. Ini belum termasuk plugin premium (berbayar) yang juga sangat banyak tersedia dan tidak tercantum dalam repositori WordPress.org.

Theme dan Plugin WordPress

Theme dan plugin WordPress dapat dengan mudah kita temukan dan unduh di WordPress.org. Per tanggal 28 Maret 2020, tercatat ada 3.933 theme dan 55.748 plugin yang terdapat di repositori WordPress.org.

Sekali lagi, ini belum termasuk theme dan plugin premium (berbayar) yang jumlahnya juga sudah mencapai ribuan.

Ini memudahkan kita untuk membuat website untuk berbagai jenis. Mulai dari untuk kebutuhan personal dan bisnis, dari sekedar blog, toko online, hingga website sekolah atau pemerintahan, nyaris semuanya sudah tersedia dengan berbagai macam pilihan.

Membuat Website Menggunakan WordPress

Kita mempuanyai banyak pilihan untuk membuat website menggunakan WordPress. Mulai dari menggunakan theme dan plugin yang gratis, maupun theme dan plugin berbayar. Semua tergantung dari kebutuhan.

Untuk yang masih awam, biasanya memilih menggunakan plugin page builder. Beberapa page builder WordPress yang populer, diantaranya adalah:

  • Elementor
  • Beaver Builder
  • Brizy
  • Divi
  • Visual Composer
  • Oxygen
  • dsb.

Plugin-plugin page builder ini muncul karena sebelum WordPress meluncurkan Gutenberg (block editor) yang diluncurkan berbarengan dengan WordPress versi 5.0 dan theme Twenty Nineteen pada tahun 2018 yang lalu, WordPress Editor masih berupa editor untuk menulis blog atau artikel.

Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress

Beberapa tahun terakhir ini, membuat website sendiri menggunakan WordPress terhitung sangat mudah. Walaupun tidak bisa coding, kita bisa menggunakan theme-theme dan plugin-plugin gratis yang banyak tersedia di repositori WordPress, atau langsung membeli theme dan plugin premium (berbayar) yang banyak tersedia di internet.

Membeli theme dan plugin premium di tempat-tempat seperti themeforest milik Envato sudah sangat mudah dilakukan dengan adanya Jenius.

Bila kita memiliki waktu lebih untuk belajar, tanpa theme dan plugin berbayar pun sudah lebih dari cukup untuk memenuhi banyak kebutuhan. Block Editor native dari WordPress, ditambah dengan plugin-plugin block untuk Gutenberg yang banyak tersedia secara gratis juga, sudah cukup mumpuni untuk membuat berbagai macam desain website yang kita butuhkan.

Kita hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mencari di internet contoh-contoh dan tutorial yang banyak tersedia. Belajar sedikit CSS dan PHP sangat tidak sulit, dan akan sangat membantu. Kita hanya perlu sedikit menguasai bahasa inggris saja untuk mempelajarinya.

Membuat Website WordPress Menggunakan Jasa

Bila kita tidak memiliki waktu untuk membuat website sendiri menggunakan WordPress, kita bisa dengan mudah menemukan jasa-jasa pembuatan website berbasis WordPress di internet. Pilih yang memang professional dalam bidangnya dan memiliki portofolio yang jelas seperti narwastunagoro.com, terutama bila itu memang untuk website yang penting seperti website bisnis, pendididikan, dan pemerintahan.

Dengan menggunakan jasa pembuatan website untuk membuat website, kita tidak perlu mengeluarkan waktu khusus untuk belajar segala pernak-pernik yang diperlukan untuk membuat website, dan bisa fokus tetap menjalankan bisnis atau pekerjaan utama kita.

..still on progress..

Any Comments?

avatar
  Subscribe  
Notify of